Materi Simulasi dan Komunikasi Digital
Konsep Data ,Informasi dan
Internet
Informasi
dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti
halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung
kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi
sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan
informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan
mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan
strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam
bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang
dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik. Masalah utamanya adalah
bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat
atau berarti (sistem terlalu banyak data). Memahami konsep dasar informasi
adalah sangat penting dalam mendesain sebuah sistem informasi yang
efektif. Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas
adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.
Pengertian Data
Berikut ini
beberapa pegertian aata
§ Data adalah deskripsi dari sesuatu
dan kejadian yang dihadapi
§ Data bisnis adalah deskripsi
organisasi tentang sesuatu (resources) dan
kejadian (transactions) yang terjadi
§ Data adalah kenyataan yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
Kejadian
(event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Sebagai contoh, dalam
dunia bisnis kejadian-kejadian nyata yang sering terjadi adalah perubahan
dari suatu nilai yang disebut dengan transaksi. Misalnya penjualan adalah
transaksi perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang.
Kesatuan nyata
adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi. Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut ; didalam kegiatan suatu perusahaan, dari hasil transaksi penjualan oleh sejumlah salesman, dihasilkan sejumlah faktor-faktor yang merupakan data dari penjualan pada suatu periode tertentu. Faktur-faktur penjualan tersebut masih belum dapat memberikan informasi yang baik bagi manajemen. Untuk pengambilan keputusan bagi manajemen, maka faktur-faktur tersebut harus diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu informasi. Sesudah diolah, akan dapat diperoleh informasi, antara lain mengenai :
adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi. Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut ; didalam kegiatan suatu perusahaan, dari hasil transaksi penjualan oleh sejumlah salesman, dihasilkan sejumlah faktor-faktor yang merupakan data dari penjualan pada suatu periode tertentu. Faktur-faktur penjualan tersebut masih belum dapat memberikan informasi yang baik bagi manajemen. Untuk pengambilan keputusan bagi manajemen, maka faktur-faktur tersebut harus diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu informasi. Sesudah diolah, akan dapat diperoleh informasi, antara lain mengenai :
§ Laporan penjualan setiap salesman,
yang berfungsi untuk memberikan besarnya komisi dan bonus.
§ Laporan penjualan setiap daerah,
yang berfungsi untuk pelaksanaan promosi dan periklanan.
§ Laporan penjualan setiap jenis
barang, yang berfungsi untuk mengontrol persediaan barang dan untuk
mengevaluasi barang yang tidak atau kurang laku terjual.
Jenis-jenis Data
Data dapat
berupa nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.
§ Data yang terformat adalah data dengan suatu format
tertentu. Misalnya, data yang menyatakan tanggal atau jam, atau menyatakan
nilai mata uang.
§ Teks adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol
khusus (misalnya + dan $) yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing
item secara individual.
§ Audio adalah data dalam bentuk suara. Instrumen musik,
suara orang atau suara binatang, gemericik air, detak jantung merupakan
beberapa contoh data audio.
§ Video menyatakan data dalam bentuk
sejumlah gambar yang bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara. Video
dapat digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian atau aktivitas.
Pengolahan Data
Pengolahan
data adalah masa atau waktu yang digunakan untuk mendeskripsikan perubahan
bentuk data menjadi informasi yang memiliki keguanaan. Operasi yang dilakukan
dalam pengolahan data :
Data input
§ Recording transaction, data ke sebuah pengolahan data
medium (contoh, punching number ke dalam kalkulator).
§ Coding transaction, data ke dalam bentuk lain
(contoh, converting atribut kelamin female ke huruf F).
§ Storing data or information, untuk pengambilan keputusan
(potential
information for future).
information for future).
Data transformation
§ Calculating, operasi aritmatik terhadap data
field.
§ Summarizing, proses akumulasi beberapa data
(contoh, menjumlah jumlah jam kerja setiap hari dalam seminggu menjadi
nilai total jam kerja perminggu).
§ Classifying data group-group tertentu
§ Categorizing data kedalam group berdasar
karakteristrik tertentu (contoh, pengelompokkan data mahasiswa berdasar semester
aktif)
§ Sorting data kedalam bentuk yang
berurutan (contoh, pengurutan nomor induk karyawan secara ascending)
§ Merging untuk dua atau lebih set data
berdasar kriteria tertentu (menggabungkan data penjualan bulan Januari,
Februari dan Maret kedalam group triwulanan).
§ Matching data berdasar keinginan
pengguna terhadap group data
(contoh, memilih semua karyawan yang total pendapatannya lebih dari 15 juta pertahun).
(contoh, memilih semua karyawan yang total pendapatannya lebih dari 15 juta pertahun).
Hirarki Data
Secara
tradisional, data disusun dalam suatu hierarki yang terdiri dari elemen data,
rekaman (record), dan berkas (file),
§ Elemen data adatah suatu data terkecil yang tidak dapat
dipecah lagt menjadi unit data yang lairr. Pada data kepegawaian, elemen data
dapat berupa nama pegawai, alamat, kota tempat tinggal, dan atribul lain yang
berkaitan dengan pegawai. Istilah lain untuk elemen data adalah medan
(field), Mom, itenk dan atribut.
§ Rekaman adalah gabungan sejumlah elemen data
yang saling terkait, Sebagai contoh, nama, alamat, kota, dan tempat tinggal
lahir seorang pegawai dapat dihimpun dalam sebuah rekarnan.Istilah lain untuk
rekaman adalah tupel dan baris.
§ Berkas adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe
sama membentuk sebuah berkas. Berkas dapat dikatakan sebagai kumpulan data yang
ber¬kaitan dengan suatu subjek. Dalam konteks yang lebih besar, sekumpulan
berkas atau tabel mem-bentuk sebuah basis data. Sebagai contoh, sebuah basis
data kepegawai¬an dapat mengandung sejumlah tabel seperti data pribadi, data
presensi, sejarah kerja, dan sebagainya.
Pengertian Informasi
Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh
suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu
organisasi. Informasi (information) dapat didefinisikan
sebagai berikut:
§ Data yang diolah menjadi bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
§ Sesuatu yang nyata atau setengah
nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau
kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan
naik,
akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi
akan dilakukan.
akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi
akan dilakukan.
§ Informasi (Information) adalah data yang telah dibentuk
menjadi sesuatu yang memiliki arti dan berguna bagi manusia (kent, 2008)
§ Menurut Leitel dan Davis dalam
bukunya “Accounting Information System” menjelaskan bahwa Informasi merupakan
data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan serta lebih berarti bagi
yang menerimany.
Berdasarkan
beberapa pendapat yang dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa
“Informasi adalah sebagai data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi
sesuai dengan keperluan tertentu”.
Informasi adalah Aset Perusahaan
Dalam
perusahaan dikenal 4M dan 1I yang merupakan aset perusahaan, yang meliputi:
Mesin, Material, Modal, Manusia dan Informasi. Oleh karena iru, Informasi
merupakan salah satu sumber daya penting dalam manajemen modern. Banyak
keputusan strategis yang bergantung kepada informasi. Informasi merupakan
sumber daya vital bagi kelangsungan organisasi bisnis.
Informasi
adalah salah satu aset bagi sebuah perusahaan atau organisasi, yang sebagaimana
aset lainnya memiliki nilai tertentu bagi perusahaan atau organisasi tersebut
sehingga harus dilindungi, untuk menjamin kelangsungan perusahaan atau
organisasi, meminimalisir kerusakan karena kebocoran sistem keamanan informasi,
mempercepat kembalinya investasi dan memperluas peluang usaha. Beragam bentuk
informasi yang mungkin dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi meliputi
diantaranya: informasi yang tersimpan dalam komputer (baik desktop komputer
maupun mobile komputer), informasi yang ditransmisikan melalui network,
informasi yang dicetak pada kertas, dikirim melalui fax, tersimpan dalam
disket, CD, DVD, flashdisk, atau media penyimpanan lain, informasi yang
dilakukan dalam pembicaraan (termasuk percakapan melalui telepon), dikirim
melalui telex, email, informasi yang tersimpan dalam database, tersimpan dalam
film, dipresentasikan dengan OHP atau media presentasi yang lain, dan
metode-metode lain yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan
ide-ide baru organisasi atau perusahaan.
Ciri-ciri Informasi
Informasi
itu sendiri memiliki ciri-ciri seperti berikut (Davis, 1999):
1.
Benar
atau salah. Dalam hal
ini, informasi berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan. Jika penerima
informasi yang salah mempercayainya, efeknya seperti kalau inforrrasi itu
benar.
2.
Informasi
benar-benar baru bagi si penerima.
3.
Informasi
dapat memperbarui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.
4.
Korektif Informasi dapat digunakan untuk
melakukan koreksi
terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
5.
Informasi
dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap
informasi semakin meningkat.
Manajemen Informasi
Kini, istilah manajemen informasi sangat populer. Yang
dimaksud manajemen informasi tidak lain adalah segala
kegiatan yang berkaitan dengan pemerolehan informasi, penggunaan informasi
seefektif mungkin, dan juga pembuangan terhadap informasi (yang tidak berguna
lagi) pada waktu yang tepat (McLeod, 1998).
Ebert dan
Griffin (2003) mendefinisikan manajemen informasi sebagai operasi-operasi
internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung
kinerja dan hasil bisnis.
Pengguna Informasi
Informasi
tidak hanya dipakai untuk kepentingan internal dalam organisasi, tetapi juga
dipakai oleh pihak eksternal (di luar organisasi).
§ Pemakai internal meliputi staf
operasi, manajemen tingkat bawah hingga manajemen tingkat atas
§ pemakai eksternal dapat berupa
pelanggan, pemegang saham, pemasok atau mitra kerja, dinas pajak, dan
lain-lain.
Level Manajemen dan Pengguna Informasi
Untuk
memahami bagaimana informasi digunakan dalam manajemen, ada baiknya untuk
mengetahui level-level manajemen dalam suatu organisasi. Manajemen biasa dibagi
menjadi tiga kelompok, yaitu manajemen tingkat atas, manajemen tingkat
menengah, dan manajemen tingkat bawah (Ebert dan Griffin 2003).
§ Manajemen tingkat bawah bertanggung
jawab terhadap pengawasan dan pengendalian kegiatan operasional sehari-hari.
Yang termasuk rnanajeamen tingkat bawah antara lain: penyedia (supervisor),
kepala proyek, dan kepala bagian.
§ Manajemen tingkat menengah
bertanggung jawab dalam hal perencanaan dan koordinasi kegiatan-kegiatan jangka
pendek yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi (pengendalian
manajemen). Termasuk dalarn kategori ini, yaitu manajer pabrik, manajer
operasi, dan manajer divisi.
§ Manajemen tingkat atas bertanggung
jawab terhadap perencanaan jangka panjang (yang biasa disebut rencana
strategis) dan menetapkan tujuan organisasi. Termasuk dalam kategori ini yaitu
direktur dan wakil direktur.
Setiap
individu, dari manajer hingga staf operasi, memerlukan informasi yang
digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Tentu saja, masing-masing
berkepentingan terhadap informasi dengan sifat Yang berbeda-beda. Sebagai
contoh, manajer memerlukan informasi yang ringkas tentang kegiatan operasional,
sedangkan staf operasi memerlukan informasi yang lebih detail
Arus Informasi
Arus informasi
dalam suatu organisasi dapat mengalir dengan arah mendatar atau vertikal (Hall,
2001). Pada arah mendatar, informasi digunakan untuk mendukung kegiatan
operasional, yang berupa informasi rinci tentang transaksi. Pembelian barang,
tagihan hutang, dan penggunaan bahan-bahan mentah merupakan beberapa contoh
informasi yang mengalir dalam arah mendatar. Adapun pada arah vertikal,
informasi mengalir pada semua level manajemen. Arus informasi yang mengalir ke
atas berisi rangkuman kinerja operasional. Semakin tinggi level manajemen,
semakin ringkas informasi yang diperlukan. Arus informasi yang mengalir ke
bawah berupa instruksi, kuota, dan anggaran-anggaran.
Selain arus
informasi mendatar dan vertikal, informasi juga mengalir dari internal ke
eksternal atau sebaliknya. Interaksi antara pelanggan dengan internal
organisasi serta pemasok dengan internal organisasi berada pada tataran
operasional. Adapun pemegang saham berinteraksi dengan internal organisasi pada
level manajemen tingkat atas.
Information output
§ Displaying result, menampilkan informasi yang
dibutuhkan pemakai melalui monitor atau cetakan.
§ Reproducing, penyimpanan data yang digunakan
untuk pemakai lain yang membutuhkan.
§ Telecommunicating, penyimpanan data secara elektronik
melalui saluran
komunikasi.
komunikasi.
Kualitas Informasi
Kualitas
informasi (Prabu, 2006) diantaranya ditentukan oleh beberapa hal, yaitu :
§ Relevan , dalam hal ini informasi yang
diterima harus memberikan manfaat bagi pemakainya. Kadar relevancy informasi antara orang satu dengan yang
lainnya berbeda-beda tergantung kepada kebutuhan masing-masing pengguna
informasi tersebut. How is the message used for
problem solving (decision masking)?
§ Akurat, yaitu berarti informasi harus bebas dari
kesalahan-kesalahan. Selain itu informasi yang didapatkan tidak boleh bias atau
menyesatkan bagi penggunanya, serta harus dapat mencerminkan dengan jelas
maksud dari informasi tersebut. Ketidak akuratan data terjadi karena sumber
dari informasi tersebut mengalami gangguan dalam penyampaiannya baik hal itu
dilakukan secara sengaja maupun tidak sehingga menyebabkan data asli tersebut
berubah atau rusak.
§ Tepat waktu, Informasi yang dibutuhkan oleh si
pemakai tidak dalam hal penyampaiannya tidak boleh terlambat (usang) karena
informasi yang usang maka informasi tersebut tidak mempunyai nilai yang baik
dan kualitasnya pun menjadi buruk sehingga tidak berguna lagi. Jika informasi
tersebut digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan maka akan berakibat
fatal sehingga salah dalam pengambilan keputusan tersebut. Kondisi tersebut
mengakibatkan mahalnya nilai suatu informasi, sehingga kecepatan untuk
mendapatkan, mengolah serta mengirimnya memerlukan teknologi terbaru.
Komponen keakuratan informasi
§ Completeness ; Are necessary message items present ? Hal ini
dapat berarti bahwa informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan harus memiliki
kelengkapan yang baik, karena bila informasi yang dihasilkan sebagian-sebagian
tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan
secara keseluruhan, sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuannya untuk
mengontrol atau memecahkan suatu masalah yang terjadi dalam suatu organisasi
tersebut.
§ Correctness ; Are message items correct ? maksudnya bahwa
informasi yang diterima kebenarannya tidak perlu diragukan lagi. Kebenaran dari
informasi tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan.
§ Security ; Did the message reach all or only the intended systems users?Informasi
yang diterima harus terjamin keamanan datanya.
§ Economy (Ekonomis); What level of resources is needed to move information through the problem-solving cycle ?. Kualitas dari Informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan
juga bergantung pada nilai ekonomi yang terdapat didalamnya.
§ Efficiency(Efisien); What level of resources is required for each unit of
information output ?
§ Reliability (Dapat dipercaya); Informasi yang didapatkan
oleh pemakai harus dapat dipercaya, hal ini menentukan terhadap kualitas
informasi serta dalam hal pengambilan keputusan setiap tingkatan manajemen.
Nilai Informasi
Fungsi informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan
keputusan terkadang diperlukan dengan proses yang cepat dan tidak terduga. Hal
itu mengakibatkan penggunaan informasi hanya berdasarkan perkiraan-perkiraan
serta informasi yang apa adanya. Dengan perlakukan seperti ini mengakibatkan
keputusan yang diambil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu
untuk memperbaiki keputusan yang telah diambil maka pencarian informasi yang
lebih tepat perlu dilakukan. Suatu Informasi memiliki nilai karena informasi
tersebut dapat menjadikan keputusan yang baik serta menguntungkan (memiliki
nilai informasi yang tepat). Besarnya nilai informasi yang tepat dapat
didapatkan dari perbedaan hsil yang didapat dari keputusan yang baru dengan
hasil keputusan yang lama dikurangi dengan biaya untuk mendapatkan informasi
tersebut. Penghitungan atas informasi yang tepat memberikan banyak manfaat
diantaranya untuk menghilangkan pemborosan biaya yang dilakukan untuk
mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan tersebut
(Sofa, 2008).
Menurut
Gordon B. Davis nilai informasi dikatakan sempurna apabila perbedaan antara
kebijakan optimal, tanpa informasi yang sempurna dan kebijakan optimal
menggunakan informasi yang sempurna dapat dinyatakan dengan jelas.
Nilai suatu
informasi dapat ditentukan berdasarkan sifatnya. Tentang 10 sifat yang dapat
menentukan nilai informasi, yaitu sebagai berikut :
§ Kemudahan dalam memperoleh, Informasi memperoleh nilai yang
lebih sempurna apabila dapat diperoleh secara mudah. Informasi yang penting dan
sangat dibutuhkan menjadi tidak bernilai jika sulit diperoleh.
§ Sifat luas dan kelengkapannya, Informasi mempunyai nilai yang
lebih sempurna apabila mempunyai lingkup/ cakupan yang luas dan lengkap.
Informasi sepotong dan tidak lengkap menjadi tidak bernilai, karena tidak dapat
digunakan secara baik.
§ Ketelitian (accuracy), Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila
mempunyai ketelitian yang tinggi/akurat. Informasi menjadi tidak bernilai jika
tidak akurat, karena akan mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.
§ Kecocokan dengan pengguna (relevance), Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila
sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Informasi berharga dan penting menjadi
tidak bernilai jika tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya, karena tidak
dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.
§ Ketepatan waktu, Informasi mempunyai nilai yang
lebih sempurna apabila dapat diterima oleh pengguna pada saat yang tepat.
Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika terlambat diterima/
usang, karena tidak dapat dimanfaatkan pada saat pengambilan keputusan.
§ Kejelasan (clarity), Informasi yang jelas akan meningkatkan kesempurnaan
nilai informasi. Kejelasan informasi dipengaruhi oleh bentuk dan format
informasi.
§ Fleksibilitas/ keluwesannya, Nilai informasi semakin sempurna
apabila memiliki fleksibilitas tinggi. Fleksibilitas informasi diperlukan oleh
para manajer/pimpinan pada saat pengambilan keputusan.
§ Dapat dibuktikan, Nilai informasi semakin sempurna
apabila informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Kebenaran informasi
bergantung pada validitas data sumber yang diolah.
§ Tidak ada prasangka, Nilai informasi semakin sempurna
apabila informasi tersebut tidak menimbulkan prasangka dan keraguan adanya
kesalahan informasi.
§ Dapat diukur, Informasi untuk pengambilan
keputusan seharusnya dapat diukur agar dapat mencapai nilai yang sempurna.
Kesalahan Informasi
Menurut
Gordon B. Davis, kesalahan informasi adalah antara lain disebabkan oleh hal-hal
sebagai berikut :
§ Metode pengumpulan dan pengukuran
data yang tidak tepat.
§ Tidak dapat mengikuti prosedur
pengolahan yang benar.
§ Hilang/tidak terolahnya sebagian
data.
§ Pemeriksaan/pencatatan data yang
salah.
§ Dokumen induk yang salah.
§ Kesalahan dalam prosedur pengolahan
(contoh: kesalahan program aplikasi komputer yang digunakan).
§ Kesalahan yang dilakukan secara
sengaja.
Penyebab
kesalahan tersebut dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut:
§ Kontrol sistem untuk menemukan
kesalahan.
§ Pemeriksaan internal dan eksternal.
§ Penambahan batas ketelitian data.
§ Instruksi dari pemakai yang
terprogram secara baik dan dapat menilai adanya kesalahan-kesalahan yang
mungkin terjadi.
Siklus Informasi
Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi
penerimanya, perlu untuk dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi atau
dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Pertama-tama data dimasukkan ke dalam
model yang umumnya memiliki urutan proses tertentu dan pasti, setelah
diproses akan dihasilkan informasi
tertentu yang bermanfaat bagi penerima (level management) sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan atau melakukan tindakan tertentu, Dari keputusan atau tindakan tersebut akan menghasilkan atau diperoleh
kejadian-kejadian tertentu yang akan digunakan kembali sebagai data yang nantinya akan dimasukkan ke dalam model (proses), begitu seterusnya. Dengan demikian akan membentuk suatu siklus informasi
atau siklus pengolahan data , seperti gambar berikut :
tertentu yang bermanfaat bagi penerima (level management) sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan atau melakukan tindakan tertentu, Dari keputusan atau tindakan tersebut akan menghasilkan atau diperoleh
kejadian-kejadian tertentu yang akan digunakan kembali sebagai data yang nantinya akan dimasukkan ke dalam model (proses), begitu seterusnya. Dengan demikian akan membentuk suatu siklus informasi
atau siklus pengolahan data , seperti gambar berikut :
Klasifikasi Informasi Berdasarkan
Penggunanya
Berdasarkan
tingkatan manajemen, informasi dapat dikelompokkan berdasar penggunanya, yaitu
:
§ Informasi Strategis, Digunakan untuk mengambil
keputusan jangka panjang, mencakup informasi
eksternal (tindakan pesaing, langganan), rencana perluasan perusahaan dan sebagainya.
eksternal (tindakan pesaing, langganan), rencana perluasan perusahaan dan sebagainya.
§ Informasi Taktis, Digunakan untuk mengambil
keputusan jangka menengah, mencakup informasi
trend penjualan yang dapat dipakai untuk menyusun rencana-rencana penjualan.
trend penjualan yang dapat dipakai untuk menyusun rencana-rencana penjualan.
§ Informasi Teknis, Digunakan untuk keperluan
operasional sehari-hari, informasi persedian stock, retur penjualan dan
laporan kas harian.
Test Kebutuhan Informasi
Terdapat 4
tes untuk menjelaskan sebuah pesan yang spesifik dalam informasi :
§ Kepada siapa (pembuat keputusan)
informasi ditujukan ?
§ Untuk keputusan spesifik apa
informasi ditujukan ?
§ Sejauh mana informasi dapat
digunakan untuk mendeteksi dan memecahkan masalah ?
§ Sejauh mana (kapan) tingkat
pembuatan keputusan ?
Pengetahuan
Pengetahuan (knowledge) adalah
kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan
atau keputusan (Alter, 1992).
Sebagai
gambaran, informasi yang dipadukan dengan pengalaman masa lalu dan keahlian
akan memberikan suatu pengetahuan yang tentu saja memiliki nilai yang tinggi.
Konsep Internet.
Internet adalah
kumpulan komunitas komputer yang online antar satu wilayah da wilayah lainnya
di seluruh duniayang saling terhubung dan saling berkomunikasi yang di atur
oleh protokol. Dengan kata lain internet adalah salah satu medika komunikasi
berupa data, umumnya dilakukan secara tertulis , audio-vidio, di lakukan
bersamaan antara pengirim dan penerima. Adapun macam-macam network adalah
sebagai berikut:
a. Local Area Network (LAN)
Merupakan suatu jaringan komputer yang masih berada di dalam gedung atau
ruangan digunakan di rumah atau di perkantoran.
b. Metropolitan Aren Network (MAN)
Merupakan pengembangan dari Local Are Network jaringan komputer ini terdiri
dari beberapan jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bisa
saling berjauhan.
c. Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan yang mencakup area besar misalnya jaringan komputer antar
wilayah, kota bahkan antar negara.
d. Intranet .
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCB/IP yang hanya bisa
di akses dalam internal perusahaan.
e. Internet. Internet
merupakan jaringan komputer di seluruh dunia, yang berisikan informasi dan juga
merupakan sarana komunikasi data.
Fungsi Internet.
a. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah.
b.Mengurangi biaya kertas dan distribusi.
c. Sebagai media promosi.
d. Komunikasi Interaktif.
e. Sebagai alat Research and Development.
f. Sebagai sarana pendidikan.
g. Perdagangan atau bisnis melalui internet.
h. Banking.
Etika Warga Negara Digital
1. Komunikasi
Komunikasi adalah proses dimana seseorang (individu) atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan suatu hubungan dengan lingkungan dan orang lain. Bisa dipersingkat, komunikasi adalah suatu pemindahan informasi dari individu atau kelompok kepada individu atau kelompok yang lain dimana keduanya saling mengerti apa yang sedang dibicarakan.
Fungsi komunikasi adalah untuk :
1. Menyampaikan pikiran, ide atau perasaan
2. Tidak terisolasi dari lingkungan
3. Menginginkan sebuah informasi
4. Menambah pengetahuan
Macam komunikasi:
a. Komunikasi orang adalah komunikasi yang langsung dilakukan oleh manusia.
b. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih perangkat yang saling terhubung dengan jaringan.
2. Warga Digital
Warga digital adalah orang yang sadar apa yang baik apa yang salah, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan membuat pilihan yang tepat ketika menggunakan teknologi.
Warga digital merupakan individu yang memanfaatkan TI untuk membangun komunitas, bekerja, dan berekreasi. Warga digital secara umum telah memiliki pengetahuan dan kemampuan mengoperasikan TI untuk berkomunikasi maupun mengekspresikan sebuah ide. Contohnya bermain facebook, menulis blog, mencari informasi di forum, dan lain-lain. Sama halnya dengan warga dunia nyata, semua warga digital memiliki kewajiban untuk menjaga etiket
Mengapa kewargaan digital itu penting? Jika Anda ingin memperoleh yang terbaik dalam menggunakan Internet dan menjaga keamanan serta kesehatan Anda dan rekan, gunakan bahan-bahan berikut ini untuk mempelajari bagaimana menjadi warga digital yang positif.
3. Mengapa harus memahami etika kewargaan digital
Seringkali pengguna teknologi digital tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya. Atau sudah mengetahui tetapi menganggap etiket digital tidak terlalu penting untuk diperhatikan. Seringkali para pengguna digital melupakan bahwa walaupun dalam dunia digital para pengguna tidak saling bertatap muka, tetapi perlu diperhatikan bahwa di balik setiap akun, di balik setiap posting forum, terdapat individu lainnya yang dapat tersinggung jika Anda melanggar tata krama.
Etiket digital dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lainnya. Namun peraturan saja tidak cukup. Seringkali para pengguna tidak mengetahui aturan tersebut, ataupun malas membaca peraturan. Kita juga harus mengajarkan setiap pengguna teknologi digital untuk bertanggungjawab dalam pemanfaatan teknologi.
4. Kewargaan Digital
Kewargaan digital dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi.
Rentang usia warga digital mulai bergeser, seiring dengan semakin mudahnya akses teknologi, tampilan dan fitur yang semakin memanjakan pengguna, membuat anak-anak di usia belia telah dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi, mencari dan bertukar informasi di dunia maya. Usia yang masih belia semakin membuka kemungkinan adanya pelanggaran norma- norma maupun penyebaran informasi penting yang dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar memiliki banyak implikasi, pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain dalam update status, tidak memberikan informasi penting kepada publik, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan lainnya.
Komponen Kewargaan Digital
Kewargaan digital dapat dibagi menjadi 9 komponen, yang dikategorikan menjadi 3 berdasarkan pemanfaatannya.
a. Lingkungan belajar dan akademis
Komponen 1. Akses Digital
Setiap orang seharusnya memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas IT. Namun kemudian, setiap pengguna TIK harus menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses teknologi, baik itu dibatasi oleh infrastruktur maupun oleh lingkungan komunitas pengguna itu sendiri.
Komponen 2. Komunikasi Digital
Dalam lingkungan belajar, akademis, maupun lingkungan kerja dan masyarakat umum nantinya, komunikasi merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap orang untuk dapat bertukar informasi dan ide. Komunikasi dapat dilakukan secara satu arah, dua arah, antarpribadi maupun komunikasi dalam forum.
Perkembangan teknologi digital telah mengubah sikap seseorang dalam berkomunikasi. Berbagai bentuk komunikasi digital telah tersedia, seperti e-mail, sms, chatting, forum, dan berbagai bentuk lainnya, memungkinkan setiap individu untuk terus dapat terhubung dengan individu lainnya.
Setiap warga digital diharapkan dapat mengetahui berbagai jenis komunikasi menggunakan media digital. Warga digital juga diharapkan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis komunikasi tersebut, sehingga dapat memilih penggunaan komunikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
Komponen 3. Literasi Digital
Dunia pendidikan telah mencoba untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa mampu menggunakan teknologi digital untuk mencari dan bertukar informasi. Namun pada kenyataannya, teknologi yang digunakan dalam dunia kerja sedikit berbeda dengan yang digunakan di sekolah. Berbagai bidang pekerjaan seringkali memerlukan informasi yang aktual dan bermanfaat, pekerja dituntut memiliki kemampuan untuk mencari dan memproses data secara kompleks dalam waktu yang singkat. Sementara itu, ketergantungan siswa pada pengajar belum seirama dengan tuntutan dunia kerja.
b. Lingkungan sekolah dan tingkah laku
4. Hak digital
Sama halnya dengan perlindungan hak asasi di dunia nyata, para warga digital juga memiliki perlindungan hak di dunia digital. Setiap warga digital memiliki hak atas privasi, kebebasan berbicara
Dunia pendidikan telah mencoba untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa mampu menggunakan teknologi digital untuk mencari dan bertukar informasi. Namun pada kenyataannya, teknologi yang digunakan dalam dunia kerja sedikit berbeda dengan yang digunakan di sekolah.
5. Etiket digital
Seringkali pengguna teknologi digital tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya. Atau sudah mengetahui tetapi menganggap etiket digital tidak terlalu penting untuk diperhatikan.
ikut membantu pemanfaatan teknologi secara benar, mengikuti tata krama yang berlaku, baik yang tersirat maupun tersurat. Contoh nyatanya adalah: tidak melakukan pembajakan konten, tidak menyebarkan informasi palsu, tidak memancing emosi pengguna teknologi informasi lainnya.
Komponen 6. Keamanan digital
Dalam setiap komunitas terdapat individu yang mencuri karya, merusak, ataupun mengganggu individu lainnya. Meskipun tidak boleh berburuk sangka, kita tidak dapat mempercayai seseorang begitu saja, karena hal tersebut akan beresiko terhadap keamanan kita. Hal ini berlaku juga dalam dunia digital.
c. Kehidupan siswa di luar lingkungan sekolah
Komponen 7. Hukum digital
Hukum digital mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat. Warga digital perlu menyadari bahwa mencuri ataupun merusak pekerjaan, data diri, maupun properti daring orang lain merupakan perbuatan yang melanggar hukum.
Hukum siber (cyber law) di Indonesia sendiri dapat dikategorikan menjadi 5 aspek besar.
* Aspek hak cipta
* Aspek merek dagang
* Aspek fitnah dan pencemaran nama baik
* Aspek privasi
* Aspek yurisdiksi dalam ruang siber
Komponen 8. Transaksi digital
Warga digital perlu menyadari bahwa sebagian besar dari proses jual beli telah dilaksanakan secara daring. Berbagai situs jual-beli lokal dapat dengan mudah diakses oleh penjual dan pembeli, seperti tokobagus.com, kaskus.co.id, berniaga.com, dan berbagai toko daring lainnya. Mudahnya akses dan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan teknologi informasi ikut mendorong tumbuhnya pasar jual beli daring di Indonesia.
Dalam jual beli daring, penjual dan pembeli perlu menyadari resiko dan keuntungan yang didapat dari jual beli daring, mulai dari resiko penipuan, perbedaan barang yang dikirim, lama pengiriman, hingga legalitas barang yang diperjualbelikan. Warga digital perlu mengetahui bagaimana menjadi pembeli maupun penjual daring yang baik.
9. Kesehatan digital
Di balik manfaat teknologi digital, terdapat beberapa ancaman kesehatan yang perlu diperhatikan, seperti kesehatan mata, telinga, tangan, bahkan keseluruhan badan.
mengatur penggunaan teknologi digital. Untuk mencegahnya, pengguna perlu menyadari bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh teknologi digital
Komunikasi adalah proses dimana seseorang (individu) atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan suatu hubungan dengan lingkungan dan orang lain. Bisa dipersingkat, komunikasi adalah suatu pemindahan informasi dari individu atau kelompok kepada individu atau kelompok yang lain dimana keduanya saling mengerti apa yang sedang dibicarakan.
Fungsi komunikasi adalah untuk :
1. Menyampaikan pikiran, ide atau perasaan
2. Tidak terisolasi dari lingkungan
3. Menginginkan sebuah informasi
4. Menambah pengetahuan
Macam komunikasi:
a. Komunikasi orang adalah komunikasi yang langsung dilakukan oleh manusia.
b. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih perangkat yang saling terhubung dengan jaringan.
2. Warga Digital
Warga digital adalah orang yang sadar apa yang baik apa yang salah, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan membuat pilihan yang tepat ketika menggunakan teknologi.
Warga digital merupakan individu yang memanfaatkan TI untuk membangun komunitas, bekerja, dan berekreasi. Warga digital secara umum telah memiliki pengetahuan dan kemampuan mengoperasikan TI untuk berkomunikasi maupun mengekspresikan sebuah ide. Contohnya bermain facebook, menulis blog, mencari informasi di forum, dan lain-lain. Sama halnya dengan warga dunia nyata, semua warga digital memiliki kewajiban untuk menjaga etiket
Mengapa kewargaan digital itu penting? Jika Anda ingin memperoleh yang terbaik dalam menggunakan Internet dan menjaga keamanan serta kesehatan Anda dan rekan, gunakan bahan-bahan berikut ini untuk mempelajari bagaimana menjadi warga digital yang positif.
3. Mengapa harus memahami etika kewargaan digital
Seringkali pengguna teknologi digital tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya. Atau sudah mengetahui tetapi menganggap etiket digital tidak terlalu penting untuk diperhatikan. Seringkali para pengguna digital melupakan bahwa walaupun dalam dunia digital para pengguna tidak saling bertatap muka, tetapi perlu diperhatikan bahwa di balik setiap akun, di balik setiap posting forum, terdapat individu lainnya yang dapat tersinggung jika Anda melanggar tata krama.
Etiket digital dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lainnya. Namun peraturan saja tidak cukup. Seringkali para pengguna tidak mengetahui aturan tersebut, ataupun malas membaca peraturan. Kita juga harus mengajarkan setiap pengguna teknologi digital untuk bertanggungjawab dalam pemanfaatan teknologi.
4. Kewargaan Digital
Kewargaan digital dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi.
Rentang usia warga digital mulai bergeser, seiring dengan semakin mudahnya akses teknologi, tampilan dan fitur yang semakin memanjakan pengguna, membuat anak-anak di usia belia telah dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi, mencari dan bertukar informasi di dunia maya. Usia yang masih belia semakin membuka kemungkinan adanya pelanggaran norma- norma maupun penyebaran informasi penting yang dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar memiliki banyak implikasi, pemilihan kata yang tepat dalam berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain dalam update status, tidak memberikan informasi penting kepada publik, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan lainnya.
Komponen Kewargaan Digital
Kewargaan digital dapat dibagi menjadi 9 komponen, yang dikategorikan menjadi 3 berdasarkan pemanfaatannya.
a. Lingkungan belajar dan akademis
Komponen 1. Akses Digital
Setiap orang seharusnya memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas IT. Namun kemudian, setiap pengguna TIK harus menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses teknologi, baik itu dibatasi oleh infrastruktur maupun oleh lingkungan komunitas pengguna itu sendiri.
Komponen 2. Komunikasi Digital
Dalam lingkungan belajar, akademis, maupun lingkungan kerja dan masyarakat umum nantinya, komunikasi merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap orang untuk dapat bertukar informasi dan ide. Komunikasi dapat dilakukan secara satu arah, dua arah, antarpribadi maupun komunikasi dalam forum.
Perkembangan teknologi digital telah mengubah sikap seseorang dalam berkomunikasi. Berbagai bentuk komunikasi digital telah tersedia, seperti e-mail, sms, chatting, forum, dan berbagai bentuk lainnya, memungkinkan setiap individu untuk terus dapat terhubung dengan individu lainnya.
Setiap warga digital diharapkan dapat mengetahui berbagai jenis komunikasi menggunakan media digital. Warga digital juga diharapkan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis komunikasi tersebut, sehingga dapat memilih penggunaan komunikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
Komponen 3. Literasi Digital
Dunia pendidikan telah mencoba untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa mampu menggunakan teknologi digital untuk mencari dan bertukar informasi. Namun pada kenyataannya, teknologi yang digunakan dalam dunia kerja sedikit berbeda dengan yang digunakan di sekolah. Berbagai bidang pekerjaan seringkali memerlukan informasi yang aktual dan bermanfaat, pekerja dituntut memiliki kemampuan untuk mencari dan memproses data secara kompleks dalam waktu yang singkat. Sementara itu, ketergantungan siswa pada pengajar belum seirama dengan tuntutan dunia kerja.
b. Lingkungan sekolah dan tingkah laku
4. Hak digital
Sama halnya dengan perlindungan hak asasi di dunia nyata, para warga digital juga memiliki perlindungan hak di dunia digital. Setiap warga digital memiliki hak atas privasi, kebebasan berbicara
Dunia pendidikan telah mencoba untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa mampu menggunakan teknologi digital untuk mencari dan bertukar informasi. Namun pada kenyataannya, teknologi yang digunakan dalam dunia kerja sedikit berbeda dengan yang digunakan di sekolah.
5. Etiket digital
Seringkali pengguna teknologi digital tidak peduli dengan etiket penggunaan teknologi, tetapi langsung menggunakan produk tanpa mengetahui aturan serta tata krama penggunaannya. Atau sudah mengetahui tetapi menganggap etiket digital tidak terlalu penting untuk diperhatikan.
ikut membantu pemanfaatan teknologi secara benar, mengikuti tata krama yang berlaku, baik yang tersirat maupun tersurat. Contoh nyatanya adalah: tidak melakukan pembajakan konten, tidak menyebarkan informasi palsu, tidak memancing emosi pengguna teknologi informasi lainnya.
Komponen 6. Keamanan digital
Dalam setiap komunitas terdapat individu yang mencuri karya, merusak, ataupun mengganggu individu lainnya. Meskipun tidak boleh berburuk sangka, kita tidak dapat mempercayai seseorang begitu saja, karena hal tersebut akan beresiko terhadap keamanan kita. Hal ini berlaku juga dalam dunia digital.
c. Kehidupan siswa di luar lingkungan sekolah
Komponen 7. Hukum digital
Hukum digital mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat. Warga digital perlu menyadari bahwa mencuri ataupun merusak pekerjaan, data diri, maupun properti daring orang lain merupakan perbuatan yang melanggar hukum.
Hukum siber (cyber law) di Indonesia sendiri dapat dikategorikan menjadi 5 aspek besar.
* Aspek hak cipta
* Aspek merek dagang
* Aspek fitnah dan pencemaran nama baik
* Aspek privasi
* Aspek yurisdiksi dalam ruang siber
Komponen 8. Transaksi digital
Warga digital perlu menyadari bahwa sebagian besar dari proses jual beli telah dilaksanakan secara daring. Berbagai situs jual-beli lokal dapat dengan mudah diakses oleh penjual dan pembeli, seperti tokobagus.com, kaskus.co.id, berniaga.com, dan berbagai toko daring lainnya. Mudahnya akses dan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan teknologi informasi ikut mendorong tumbuhnya pasar jual beli daring di Indonesia.
Dalam jual beli daring, penjual dan pembeli perlu menyadari resiko dan keuntungan yang didapat dari jual beli daring, mulai dari resiko penipuan, perbedaan barang yang dikirim, lama pengiriman, hingga legalitas barang yang diperjualbelikan. Warga digital perlu mengetahui bagaimana menjadi pembeli maupun penjual daring yang baik.
9. Kesehatan digital
Di balik manfaat teknologi digital, terdapat beberapa ancaman kesehatan yang perlu diperhatikan, seperti kesehatan mata, telinga, tangan, bahkan keseluruhan badan.
mengatur penggunaan teknologi digital. Untuk mencegahnya, pengguna perlu menyadari bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh teknologi digital
Cara Mencari Informasi Menggunakan
Search Engineg
Bagiaan 1
Cara Mencari
informasi menggunakan search engine google memang sudah sangat populer. Google
sebagai search engine memang dipergunakan untuk mencari informasi di
internet dengan search engine ini. Banyak cara untuk mencari informasi
menggunakan search engine google, dengan beragam langkah-langkah mencari
informasi di google. Namun demikian, kita perlu memahami bagaimana mesin
pencari bekerja.
Umumnya,
cara kerja search engine adalah dengan program mengindeks (indexing) beragam
alamat di Internet. Program tersebut dibuat biasanya disebut Spider, bot dan
crawler. Fitur program ini mengindeks semua alamat di internet dan mencocokkan
dengan kata yang diketikkan pada search engine google.
Untuk cara
untuk mencari informasi melalui search engine memang mudah. Tinggal membuka
misalnya www.google.com kemudian mengetik pada form atau kotak, kata kunci yang
kita ingin cari. Search engine seperti Google, Yahoo, DuckDuckGo, serta Bing
menggunakan beragam crawler untuk mencari informasi dalam hitungan fantastis,
hanya sekian detik.
Namun
demikian, kita juga dapat mempermudah mencari informasi menggunakan
google yaitu dengan mengakomodasi “boolean”. Boolean merupakan
kode-kode yang bisa disematkan sehingga muncul hasil pencarian google yang
lebih spesifik sehingga mempermudah untuk mencari secara tepat apa yang kita
ingin dapatkan.
Berikut ini
cara mencari informasi menggunakan search engine google dengan
menggunakan Boolean Logic mempermudah kita, yaitu dengan
beberapa tambahan yang kita ketikkan mengapit kata kunci yang kita tulis. Ada
beberapa kode boolean logic :
1. And
2. Or
3. Tanda tambah (+)
4. Tanda minus (-)
5. Tanda asterik
6. Tanda titik (.)
7. Tanda kutip (“”)
8. Kombinasi kata
1. And
2. Or
3. Tanda tambah (+)
4. Tanda minus (-)
5. Tanda asterik
6. Tanda titik (.)
7. Tanda kutip (“”)
8. Kombinasi kata
Masing-masing
boolean ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, yaitu
·
AND
AND dapat
Anda tambahkan untuk memastikan dua kata muncul. Misal ketikkan ayam goreng
maka bisa pula diketik sebagai : ayamANDgoreng (ingat harus huruf
besar/kapital) Sehingga hasilnya akan muncul ayam goreng bukan ayam dan
beberapa lagi kata “goreng”.
·
OR
OR
kebalikannya, jika dikettikan maka akan memunculkan apakah kata pertama ATAU
kata kedua yang ditampilkan sebagai hasil mencari informasi pada search engine
google. Jadi misalnya ayamORgoreng maka akan muncul ayam ataupun goreng (bisa
muncul bukan informasi tentang ayam goreng).
·
Tanda Tambah (+)
Tanda +
digunakan untuk mencari teks yang serupa, sama dengan AND. Misalnya,
ayam+goreng maka hasilnya akan persis memunculkan kata ayam goreng tanpa masuk
berita/situs lain yang hanya memuat kata “ayam” maupun “goreng”.
·
Tanda Minus (-)
Kebalikan
dari tanda (+), bisa menggunakan tanda (-). Jadi misalnya ayam-goreng
maka yang dihasilkan ayam ataupun goreng tapi TIDAK memunculkan kata goreng
(artinya Anda tidak mau mencari goreng, namun tentang ayam saja bukan ayam
goreng.
·
Tanda Asterik
Melambangkan
karakter pengganti kata. Misalnya Ada tulis enam*empat. Maka
hasilnya bisa saja enamxempat, enampuluhempat dan seterusnya, karena tanda *
menempatkan hasil ada kata pengganti. Termasuk kalau dibelakang kata yang
diketikkan, misal empat* maka hasil pencarian akan memunculkan banyak, misalnya
empat delapan, empat orang, empat manusia dan seterusnya.
·
Tanda Titik (.)
Hampir sama
dengan tanda * tapi ini hanya SATU karakter. Misalnya Anda ketik ang.n
maka akan memunculkan bisa saja angan, angin dan seterusnya yang penting 1
karakter huruf ditengah2.
·
Tanda Kutip (“”)
Menggunakan
kutip membuat hasil menampilkan teks yang diapit antara kedua tanda kutip
tersebut. “Ayam Goreng” maka akan menampilkan hanya yang tertulis Ayam Goreng
pada internet.
Itu
informasi beberapa boolean yang sering dituliskan. Selain itu ada lagi jika
anda ketikkan filetype:pdf atau filetype:docx maka
hasil pencarian akan memunculkan file docx maupun pdf saja. Ini memudahkan jika
mencari DOKUMEN di Internet.
Selain itu,
penggunaan ketikkan site:unggulcenter.org misalnya maka search engine hanya
akan mencari kata yang ada di situs www.unggulcenter.org misalnya mencari “mobil” dapat mengetik : mobil
site:unggulcenter.org akan memunculkan kata mobil pada website tersebut.
Bagian 2
a. MENCARI
DENGAN KATA TERTENTU
Berikut ini kita akan
mendemonstrasikan cara mencari informasi yang kita butuhkan dengan bantuan kata
tertentu melalui homepage yang dilengkapi dengan search engine. Untuk itu kita
akan menggunakan salah satu search engine yang sudah dijelaskan diatas,
misalnya kita akan menggunakan Google untuk mencari informasi yang kita
butuhkan.
Langkah-langkah yang harus kita
lakukan adalah sebagai berikut :
1. Bukalah program browser Internet
Explorer, kemudian ketik alamat URL : http://www.google.co.id pada address bar Internet
Exporer. Setelah homepage Google muncul, ketikkan kata kunci informasi yang
ingin kita cari pada kotak pencarian Google, sebagai contoh kita akan
menggunakan kata kunci
2. Klik tombol Telusuri dengan
Google guna memulai pencarian dan Google akan langsung menuju
homepage, situs, atau web yang berisi informasi yang kita cari. Selain itu kita
juga dapat dengan manekan tombol Enter yang berada pada
keyboard. Apabila pencarian berhasil, maka akn muncul beberapa situs link yang
sesuai dengan kata kunci yang disertai dengan keterangan singkat.
3. Pilihlah situs link yang menurut
kita tepat, sesuai, atau mendekati dengan informasi yang sedang kita butuhkan.
Caranya, gerakkan mouse ke arah teks pada halaman hasil pencarian Google
tersebut.
4. Jika tanda panah mouse berubah
menjadi gambar tangan pada teks atau gambar yang kita tunjuk, maka hal itu
menandakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan suatu linkyang
dapat membawa kita ke suatu homepage halaman web lain yang mungkin memuat
informasi yang kita butuhkan.
5. Apabila halaman web yang telah
terbuka benar-benar menyajikan informasi yang kita butuhkan, maka kita dapat
mengambil data informasi tersebut. Sebaliknya apabila halaman web yang
ditampilkan tidak sesuai dengan informasi yang kita cari, maka kita dapat
kembali ke halaman web sebelumnya dengan cara mengklik ikon Back yang
terdapat pada toolbar browser Internet Explorer. Kliklah link yang lain hingga
kita dapat menemukan informasi data yang kita butuhkan.
b. MENCARI MENGGUNAKAN KATA FRASE
Jika kata kunci yang kita gunakan
merupakan bentuk frase yaitu gabungan dari beberapa kata yang mempunyai satu
arti, maka kita tidak dapat memasukkan kata kunci pencarian seperti
langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas. Kita harus menambahkan tanda
kutip pada awal dan akhir dari frase yang kita gunakan sebagai kata kunci
Misalnya kita akan menggunakan frase “Teknologi Komputer” sebagai
kata kunci, maka langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah :
1. Tampilkan search engine Google pada
browser Internet Explorer.
2. Ketikkan frase kata yang ingin kita
cari pada kotak isian pencarian dengan menambahkan tanda kutip pada awal dan
akhir frase, misalnya kita akan menggunakan frase “Teknologi Informasi” sebagai
kata kunci.
3. Klik tombol Telusuri dengan
Google atau tekan tombol Enter pada keyboard untuk
memulai proses pencarian.
4. Mesin pencari Google hanya akan
mencari dan menampilkan dokumen-dokumen yang mengandung frase kata teknologi
informasi saja.
Selain dengan penambahan tanda kutip
(“) secara manual, kita juga dapat melakukan pencarian frase dengan menggunakan
pencarian khusus (Advance Search). Langkah-langkah yang kita lakukan
untuk pencarian khusus adalah :
1. Klik taks link Pencarian
Khusus pada halaman depan Google. Maka halaman pencarian khusus Google
akan ditampilkan.
2. Ketikkan kata frase yang ingin kita
cari pada kotak mengandung frasa berikut.
3. Klik tombol Telusuri dengan
Google atau tekan Enter untuk memulai pencarian.
4. Mesin pencari Google hanya akan
mencari dan menampilkan semua dokumen yang mengandung frase kata yang kita
ketikkan.
c. MENCARI DENGAN FUNGSI
PENGECUALIAN
Saat melakukan pencarian, terkadang
terdapat kata-kata penggangu yang membuat pencarian kita menjadi tidak
terfokus. Misalnya kita ingin mengadakan pencarian tentang “Tikus” tanpa
menggunakan kata-kata “Kantor” karena kata kanor merupakan kata
pengganggu yang mungkin saja muncul pada saat pencarian. Kita dapat
menghilangkan kata pengganggu tersebut dari pencarian dengan menggunakan
pencarian cenggih. Langkah-langkah melakukan pencarian dengan menghilangkan
kata penggangu adalah sebagai berikut :
1. Tampilkan mesin pencari Google pada
browser Internet Explorer.
2. Klik teks link Pencarian
Khusus hingga kotak dialog pencarian canggih Google ditampilkan.
3. Ketikklah kata kunci pencarian pada
kotak isian teks mengandung semua kata dari misalnya
kata Tikus
4. Pada kotak isian teks tak
mengandung kata ketikkanlah kata penggangu yang ingin dihilangkan dari
pencarian, misalnya kata Kantor
5. Klik tombol Telusuri dengan
Google untuk memulai pencarian atau dapat juga dengan menekan
tombol Enter pada keyboard.
6. Hasil pencarian akan ditampilkan
dengan semua web yang mengandung kata Tikus tanpa adanya
kata Kantor yang dianggap sebagai kata penggangu.
d. MENCARI FILE BERBAHASA INDONESIA
DENGAN FORMAT TERTENTU
Search engine Google mempunyai
kemampuan untuk mencari informasi dengan menggunakan bahasa tertentu, misalnya
bahasa Indonesia. Sehingga dokumen dalam halaman web semua menggunakan bahasa
Indonesia.
File pada halaman web biasanya
berformat HTML (.htm). Namun pada saat ini beberapa mesin pencari telah
dilengkapi kemampuan untuk mencari file dengan format tertentu, misalnya file
dengan format Adobe Acrobat (.pdf). file kompresi (.zip), Ms. Word
(.doc), Ms. Excel (.xls), Microsoft PowerPoint (.ppt), Rich text Format (.rtf),
dan masih banyak lagi.
Bila kita akan melakukan pencarian
data informasi dengan file yang menggunakan bahasa Indonesia dan dengan format
file tertentu sesuai dengan keinginan kita, maka langkah yang harus kita
lakukan adalah sabagai berikut :
1. Tampilkan homepage Google lalu klik
teks link Pencarian Khusus.
2. Pada kotak teks Mengandung
semua kata dari, ketikkan kata kunci pencarian, Misalnya kita akan
menggunakan kata kunci pencarian David Beckham.
3. Pada kotak drop-down Bahasa,
klik dan pilihlah bahasa Indonesia.
4. Jika ingin membatasi waktu tentang
informasi yang akan kita dapatkan, maka pada kotak drop-down Tanggal pilihlah
waktu yang sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya informasi pada 6
bulan terakhir.
5. Pada kotak drop-down Jenis
Berkas, pilih format file yang dicari. Misalnya file dengan format
Microsoft Word, maka kita pilih isian Microsoft Word (.doc)
6. Klik tombol Telusuri dengan
Google atau tekan tombol Enter pada keyboard untuk
memulai pencarian.
7. Mesin pencari Google akan
menampilakan informasi data yang berhubungan dengan David Beckham yang
menggunakan bahasa Indonesia dan format file Microsoft Word (.doc).
Prosedur Pengiriman Melalui E-Mail
Cara pengiriman dokumen
Dalam bisnis atau pekerjaan dikantor tentu banyak yang
sudah memanfaatkan internet sebagai transaksi, baik itu berkas penting,
dokument, laporan, atau design proyek anda.
email disebut juga sebagai surat elektronik yang dapat mengirimkan berkas dalam bentuk soft copy, mudah dan terbilang cukup aman.
tidak semua pengguna komputer bisa memanfaatkan internet, masih sangat banyak diantara mereka yang belum mengenal email bahkan internet. mengapa? karena aktifitas/ bidang keahlian yang dimiliki tidak berhubungan dengan komputer. bagai mana anda bisa mengirim dokumen melalui email jika anda belum pernah melakukannya, namun sekarang anda akan dengan mudah melakukannya karena pada artikel ini memberikan kemudahan bagaimana cara mengirim dokumen melalui email.
Pertama yang harus dilakukan yaitu sudah mempunyai email dari yahoo.com atau juga dari gmail yaitu mail.google.com , lakukan registrasi dan isikan data data yang sesuai, namun jika anda sudah memiliki email silahkan login pada email anda.
email disebut juga sebagai surat elektronik yang dapat mengirimkan berkas dalam bentuk soft copy, mudah dan terbilang cukup aman.
tidak semua pengguna komputer bisa memanfaatkan internet, masih sangat banyak diantara mereka yang belum mengenal email bahkan internet. mengapa? karena aktifitas/ bidang keahlian yang dimiliki tidak berhubungan dengan komputer. bagai mana anda bisa mengirim dokumen melalui email jika anda belum pernah melakukannya, namun sekarang anda akan dengan mudah melakukannya karena pada artikel ini memberikan kemudahan bagaimana cara mengirim dokumen melalui email.
Pertama yang harus dilakukan yaitu sudah mempunyai email dari yahoo.com atau juga dari gmail yaitu mail.google.com , lakukan registrasi dan isikan data data yang sesuai, namun jika anda sudah memiliki email silahkan login pada email anda.
Pada gambar 1 merupakan cara mengirim dokumen melalui email pada yahoo perhatikan gambar dan ikuti langkah mengirimkan documen berikut:
- klik menu "Tulis Pesan" dan nanti akan muncul form seperti
pada gambar
- KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal:
mrphoojar@gmail.com
- CC : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan
pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan
menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id,
sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
- JUDUL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
- Lampiran : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk upload
atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP, JPG,
PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar
kisaran 1mb - 10mb.
- isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang
paling lebar.
- Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk
proses pengiriman
- selesai
Sangat mudah bukan? dan cara tersebut juga sama jika
anda menggunakan email dari google/gmail, hanya terdapat penamaan menu saja
yang berbeda, berikut ini adalah cara mengirim dokumen melalui email
pada gmail perhatikan gambar dan ikuti langkah mengirimkan
documen berikut:
- klik menu "Tulis" pada lajur sebelah kiri dan nanti akan
muncul form seperti pada gambar
- KEPADA : isi dengan alamat email yang dituju misal:
mrphoojar@gmail.com
- Tamabah cc : isi alamat email tembusan dan hanya di isi jika merupakan
pengiriman yang terdapat tembusan dapat di isi lebih dari satu dengan
menambah tanda koma(,) sebagai pemisah misal: bos@yahoo.co.id,
sekertaris@yahoo.co.id .kosongkan jika tidak ada tembusan yang dituju.
- PERIHAL: judul surat anda misal : Berkas pengiriman barang (terlampir)
- Lampirkan file : lihat menu lamiran, menu tersebut berfungsi untuk
upload atau mengirimkan berkas yang berbentu file seperti DOC, DOCX, ZIP,
JPG, PDF dll dan ukuran file yang akan dikim usahakan jangan terlalu besar
kisaran 1mb - 10mb.
- isikan salam,deskripsi atau kalimat surat pada kolom form yang
paling lebar.
- Klik menu "kirim" yang terdapat tepat diatas form untuk
proses pengiriman
- selesai
Cara
mengirimkan dokumen Word sebagai pesan email secara langsung dari Word
PENTING:
Artikel ini diterjemahkan menggunakan perangkat lunak mesin penerjemah
Microsoft dan bukan oleh seorang penerjemah. Microsoft menawarkan artikel yang
diterjemahkan oleh seorang penerjemah maupun artikel yang diterjemahkan
menggunakan mesin sehingga Anda akan memiliki akses ke seluruh artikel baru
yang diterbitkan di Pangkalan Pengetahuan (Knowledge Base) dalam bahasa yang
Anda gunakan. Namun, artikel yang diterjemahkan menggunakan mesin tidak selalu
sempurna. Artikel tersebut mungkin memiliki kesalahan kosa kata, sintaksis,
atau tata bahasa, hampir sama seperti orang asing yang berbicara dalam bahasa
Anda. Microsoft tidak bertanggung jawab terhadap akurasi, kesalahan atau
kerusakan yang disebabkan karena kesalahan penerjemahan konten atau
penggunaannya oleh para pelanggan. Microsoft juga sering memperbarui perangkat
lunak mesin penerjemah.
Ringkasan
Artikel ini menjelaskan cara mengirimkan dokumen
sebagai pesan email secara langsung dari Microsoft Word.
Di Microsoft Word 2010 dan Microsoft Office Word 2007, Anda menggunakan fitur Kirim ke Penerima Surat untuk melakukannya. Di Microsoft Office Word 2003 dan Word 2002 sebagai bagian dari Microsoft Office XP, Anda menggunakan fitur Penerima surat untuk melakukannya.
Di Microsoft Word 2010 dan Microsoft Office Word 2007, Anda menggunakan fitur Kirim ke Penerima Surat untuk melakukannya. Di Microsoft Office Word 2003 dan Word 2002 sebagai bagian dari Microsoft Office XP, Anda menggunakan fitur Penerima surat untuk melakukannya.
Prosedur Pengiriman dan Penyimpanan
Dokumen Online
Cara mengirimkan dokumen Word
sebagai pesan email secara langsung dari Word
Di Word 2010
dan di Word 2007, Kirim ke fitur Penerima Surat ini tidak tersedia dalam Pita.
Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus menambahkan perintah ini ke Bilah Alat
Akses Cepat (QAT). Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut.
Word 2010
- Pada
Menu File, klik Opsi
- Klik Bilah
Alat Akses Cepat, dan kemudian klik Semua Perintah dalam perintah
Pilih dari daftar.
- Dalam
daftar yang muncul, klik Kirim ke Penerima E-mail, dan kemudian
klik Tambah untuk menambahkan perintah ke Bilah Alat Akses
Cepat.
Word 2007
- Klik tombol Microsoft Office , dan kemudian klik Opsi Word.
- Klik Kustomisasi,
dan kemudian klik Semua Perintah dalam Pilih
perintah dari daftar.
- Dalam
daftar yang muncul, klik Kirim ke Penerima E-mail, dan kemudian
klik Tambah untuk menambahkan perintah ke Bilah Alat Akses
Cepat.
Untuk
mengirimkan dokumen secara langsung dari Word 2003 atau Word 2002 sebagai pesan
email, ikuti langkah-langkah berikut:
- Pada File menu,
arahkan ke Kirim ke, dan kemudian klik Penerima
Surat mengirim dokumen sebagai badan pesan. Atau, arahkan ke Penerima
Surat (sebagai lampiran) untuk mengirim dokumen sebagai lampiran
pesan.
Catatan Jika Kirim ke atau kirim tidak tersedia di menu berkas , Anda harus menginstal Microsoft Outlook, Microsoft Outlook Express atau pesan aplikasi pemrograman Interface (MAPI)-program email pihak ketiga yang sesuai. - Jika
ditampilkan kotak Pilih profil , pilih Profil Outlook
Asali atau profil valid lain yang telah Anda buat, dan kemudian
klik OK. Word menambahkan kop email ke dokumen.
- Ketik alamat
email dari penerima di baris untuk , atau memilih alamat email
dari Buku alamat.
- Ketik
subjek pesan email di baris subjek .
- Klik mengirim
salinan jika Anda ingin mengirim dokumen sebagai isi email. Atau,
klik kirim jika Anda ingin mengirim dokumen sebagai lampiran.
Catatan Di Word 2010 dan di Word 2007, jika Anda mengklik mengirim ke penerima Surat secara tidak sengaja dan ingin membatalkan tindakan, klik mengirim ke penerima Surat lagi. Di Word 2003 dan Word 2002, jika Anda mengklik mengirim salinan secara tidak sengaja dan ingin membatalkan tindakan, klik mengirim salinan lagi.
Cara memecahkan masalah galat MAPI
Jika Anda
menerima galat MAPI ketika Anda mengirim pesan email dari Word menggunakan
Outlook, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di Pangkalan
Pengetahuan Microsoft:
291152 Anda menerima pesan galat
"Word tidak bisa mengirim surat karena MAPI gagal" saat Anda mencoba
untuk mengirimkan dokumen Word sebagai lampiran email di Word 2002
293431 Anda menerima pesan galat MAPI
tidak ditentukan bila Anda mengirimkan lampiran dari Word
Jika Anda
memiliki Outlook Express sebagai program email default Anda tetapi ada satu
atau kedua perintah Kirim ke di Word, klik nomor artikel berikut ini
untuk melihat artikel di Pangkalan Pengetahuan Microsoft:
290797 file, kirim ke, Penerima
E-mail atau penerima Surat (sebagai lampiran) hilang di Outlook Express
Untuk
informasi lebih lanjut tentang perbedaan antara Outlook dan Outlook Express,
klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di Pangkalan Pengetahuan
Microsoft:
257824 perbedaan antara Outlook dan
Outlook Express
Cara menyimpan dokumen online
Menyimpan file dengan ukuran bergiga-giga tentu akan membebani Flashdisk /
Hardisk pada komputer kita. Solusi atas masalah tersebut adalah menggunakan
layanan penyimpanan online di internet atau sering disebut cloud storage.
Kabar baiknya, hampir seluruh situs penyedia penyimpanan file online yang ada di internet saat ini menggratiskan seluruh layanan cloud storage dan tidak tanggung-tanggung ruang (space) yang disediakan ada yang mencapai puluhan giga, bahkan sampai ada yang mencapai 25 GB.
Anda tentu penasaran bukan, apa dan bagaimana cara menyimpan file online di internet yang aman dan gratis ? Jika iya, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat, karena di artikel akan saya berikan 3 cara menyimpan file online di internet menggunakan 3 situs penyimpanan online yang berbeda pula tentunya.
Kabar baiknya, hampir seluruh situs penyedia penyimpanan file online yang ada di internet saat ini menggratiskan seluruh layanan cloud storage dan tidak tanggung-tanggung ruang (space) yang disediakan ada yang mencapai puluhan giga, bahkan sampai ada yang mencapai 25 GB.
Anda tentu penasaran bukan, apa dan bagaimana cara menyimpan file online di internet yang aman dan gratis ? Jika iya, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat, karena di artikel akan saya berikan 3 cara menyimpan file online di internet menggunakan 3 situs penyimpanan online yang berbeda pula tentunya.
- Dropbox
- Google
Drive
- OneDrive
Selanjutnya mari kita bahas sercara rinci bagaimana cara upload / menyimpan file di ketiga situs diatas dan apa saja kelebihan dan kekurangannya.
CARA MENYIMPAN FILE ONLINE DI INTERNET DENGAN DROPBOX
Dropbox merupakan salah satu situs penyimpanan online yang bisa diintegrasikan langsung pada laptop / komputer dengan menggunakan software yang dinamakan Dropbox Client. Jadi, untuk menggunakan dan menyimpan file di Dropbox, hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mendaftar / membuat akun di Dropbox lalu mendownload Software Dropbox Client dan selanjutnya tinggal Anda pilih file mana yang ingin diupload / disimpan di Dropbox.
Saat pertama kali menginstall dropbox, kita akan diberikan dua pilihan : Dropbox Standar dan Dropbox Business. Kedua jenis atau type dropbox tersebut memiliki kelebihan (keunggulan) dan kekurangan masing-masing.
- Dropbox
Standar : Gratis tapi ukuran penyimpanan (storage) yang diberikan kecil.
- Dropbox
Business : Ruang penyimpanan besar namun harus bayar per bulan.
Meskipun ruang penyimpanan untuk dropbox standar terbilang kecil (2GB), namun kita bisa mengupgradenya. Cara menggunakan dan mengupgrade dropox untuk mendapatkan storage yang lebih besar bisa Anda pelajari disini Panduan Dropbox.
CARA MENYIMPAN FILE ONLINE DI INTERNET DENGAN GOOGLE DRIVE
Sesuai namanya, Google Drive adalah layanan penyimpan file online di internet (cload storage) yang dikembangkan oleh Google. Jujur, saya sendiri sangat suka menggunakan Google Drive karena terintegrasi dengan Google Doc dan Google Chrome, jadi saya tidak perlu repot-repot upload file dari Google Doc ke Google Drive, karena file yang ada di Google Doc akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.
Ruang penyimpanan file yang sangat besar (15 GB) juga menjadi alasan kedua kenapa saya memilih Google Drive sebagai situs penyimpanan file terbaik versi saya. Dan untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan Google Drive untuk menyimpan file secara online di internet, berikut saya berikan tutorialnya.
- Kunjungi situs resmi Google
Drive disini https://drive.google.com
Sebelumnya Anda harus memiliki email dari Google atau biasa kita sebut Gmail,
jika belum punya silahkan buat dulu, tutorialnya bisa Anda baca secara gratis
disini Cara Daftar Email Gmail. Jika sudah silahkan log in dengan
akun Gmail Anda.
- Klik New > File Upload
Klik tombol New yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih file upload dan selanjutnya pilih yang ingin Anda simpan secara online di internet. Perlu dicatat bahwa ukuran file maksimum yang diijinkan oleh Google adalah sebesar 10 GB.
- Klik Kanan > Share
Karena file yang kita upload secara defaultnya memiliki settingan privacy private, maka kita perlu mengubahnya ke umum, dengan cara klik kanan file yang tadi diupload, lalu pilih Share.
- Klik Advanced > Change > On Public Web
Lanjut, klik Advanced lalu klik Change maka akan muncul 3 pilihan privasi file tersebut, silahkan Anda ganti dari Private menjadi Public. Selanjutnya, klik Done untuk menyimpannya.
Selesai sudah, file sudah tersimpan secara online di internet dengan aman. Saya katakan aman, karena sejauh ini saya belum pernah mendegar server dari Google Drive mengalami error atau semacamnya.
CARA MENYIMPAN FILE ONLINE DI INTERNET DENGAN ONEDRIVE
OneDrive dulu bernama SkyDrive merupakan layanan penyimpanan file online di internet yang disediakan gratis oleh Microsoft. Terdapat fitur menarik pada OneDrive yaitu adanay Recycle Bin, jadi file yang sudah kita hapus masih bisa dipulihkan, namun tetap diberi batas waktu yaitu selama 3 hari setelah penghapusan file dilakukan.
Fitur menarik dari OneDrive yang lain adalah kita bisa mendownload sekaligus file yang sudah kita upload dengan catatan file tersebut tersimpan dalam 1 folder yang sama.
Untuk masalah storage atau ruang penyimpanan, OneDrive menyediakan layanan penyimpanan file sebesar 7GB dan bonus 3GB untuk Anda yang mengaktifkan sinkronisasi dengan aplikasi OneDrive Client versi Mobile (Android & iOS).
Jika Anda tertarik untuk menggunakan situs penimpanan file online di OneDrive, silahkan ikuti caranya dibawah ini untuk menggunakannya.
- Download
software OneDrive Client di https://onedrive.live.com/about/en-us/download/
- Ada dua
pilihan software (OneDrive dan OneDrive Business), pilih saja yang
OneDrive.
- Download
lalu Intall dan software OneDrive siap untuk digunakan.
Ukuran file OneDrive hanya 6.8 MB saja, jadi bisa dipastikan tidak akan memberatkan kinerja laptop / komputer Anda.
Kurang lebih begitulah kumpulan cara menyimpan file di internet secara gratis. Sebagian dari Anda mungkin akan bertanya 'apa sih manfaat dari menyimpan file di internet ?' jujur ada banyak sekali. Berikut saya berikan informasi mengenai beberapa manfaat menyimpan file di internet yang saya ketahui.
- File
bisa diakses dengan mudah dimana dan kapan saja.
- File
akan aman dari ancaman virus yang jamak menginfeksi komputer.
- File
bisa didownload oleh siapa saja tanpa terbatas ruang dan waktu.
- Sebagai
media backup file.
Pengelolaan
Transaksi melalui Internet
Sistem Pembayaran E-Commerce (Payment Gateway)
Ketika membangun sebuah bisnis
secara online atau e-commerce, Anda harus memperhatikan cara-cara yang
digunakan dalam transaksi pembayaran nantinya. Tingginya tingkat persaingan
dalam dunia e-commerce mengharuskan Anda menggunakan metode terbaik yang memudahkan
pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran.
Banyaknya kegiatan e-commerce saat
ini dapat memandu Anda dalam menentukan pilihan dalam perjalanan bisnis.
Pikirkan mengenai cara agar pelanggan kembali membeli jasa atau produk Anda
secara berulang kali. Bisa saja dengan memungkinkan pelanggan untuk membayar
dengan cara yang sama seperti sebelumnya (tidak mengulang proses pembayaran
dari awal) atau dengan menyediakan layanan PayPal.
Ada banyak sistem pembayaran
e-commerce dengan fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa pilihan
sistem pembayaran yang paling populer saat ini yaitu PayPal, Stripe,
Authorize.net, Intuit dan Worldpay.
Ketika Anda ingin melakukan
pembayaran, pahamilah seperti apa cara pembayaran dan bagaimana hal itu akan
sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
1. Keuntungan Pembayaran Dengan
Kartu Kredit Secara Online
- Pelanggan bisa melakukan
pembayaran dengan menggunakan kartu kredit
- Persiapan pembayaran mudah dan
cepat, pembayaran terjadi langsung saat penjualan
- Pembayaran dengan menggunakan
kartu kredit lebih aman dibandingkan dengan tunai
- Transaksi debit maupun kredit
berlangsung transparan
- Anda bisa menerima pelanggan
global dari manapun
Salah satu pembayaran dalam kegiatan
e-commerce adalah menggunakan kartu kredit
2. Kepentingan E-Commerce
Jaringan internet memiliki dampak
yang besar pada bisnis perdagangan dan cara pelanggan berbelanja. Buktinya
saja, pembayaran secara online menghasilkan 10 persen PDB tahunan negara
Inggris dengan terus bertumbuhnya kegiatan perdagangan online secara konsisten
dari tahun ke tahun.
Ada tiga hal yang Anda perlukan
dalam menerima pembayaran online :
- Website e-commerce
- Akun Penjualan
- Sistem Pembayaran
Banyaknya manfaat yang bisa
didapatkan melalui e-commerce
3. Website E-Commerce Anda
Pelajari kunci utama dari website
e-commerce besar, seperti navigasi yang sederhana dan Call to Action yang jelas
sebelum memulai rencana jangka panjang Anda.
Selain gambar dan teks yang
diperlukan dalam website, keputusan mengenai penggunaan platform hosting dan fungsi
pembayaran adalah hal yang penting karena akan berdampak pada rencana proyeksi
pertumbuhan bisnis Anda.
Memilih web hosting mungkin terlihat
merepotkan tapi semua itu tergantung dari jenis website yang Anda butuhkan :
1. Free Static
Ini adalah solusi hosting website
yang paling efektif. Cepatnya proses loading halaman menandakan website siap
untuk kegiatan e-commerce. Biasanya, hosting website Anda merupakan paket
lengkap yang didapatkan dengan cara pra bayar dari seorang desainer website.
2. Open Source
Banyak paltform Open Source yang
bisa digunakan secara gratis untuk mengembangkan website e-commerce. Mulai dari
platform sederhana seperti WooCommerce yang merupakan bagian dari WordPress , sampai OpenCart, PrestaShop
atau Drupal. Namun pilihan ini mengharuskan Anda mempekerjakan seorang web
developer atau agensi jasa website. Mereka yang akan merancang dan mengurus
perkembangan website Anda. Namun hal itu tak perlu dilakukan jika memang Anda
mampu mengurus semua aspek kebutuhan website secara mandiri.
3. Custom Made
Sebuah website yang dirancang dengan
cara dipesan secara khusus terlebih dahulu biasanya digunakan pada bisnis
dengan skala besar. Website akan dipesan lebih dahulu dan dikembangkan oleh
agensi website mulai dari awal. Hal ini berarti website Anda dibuat dengan
persyaratan yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya website jenis
ini akan membutuhkan dana dan waktu untuk pengembangan yang lebih.
4. Apa Yang Dimaksud Dengan Payment
Gateway ?
Transaksi dalam e-commerce dengan
Payment Gateway
Payment gateway adalah penyedia
layanan aplikasi e-commerce yang mengotorisasi kartu kredit dan debit dalam
pembayaran pada bisnis online. Payment gateway merupakan saluran yang aman
antara website e-commerce dengan merchant bank Anda. Gerbang pembayaran ini
akan melindungi rincian kartu kredit dan debit pelanggan serta memastikan
keamanan informasi tersebut.
Cara kerja payment gateway :
- Pelanggan ada pada website
e-commerce Anda dan memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa
- Informasi mengenai transaksi
disampaikan pada koneksi sumber payment gateway
- Payment Gateway lalu meneruskan
informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda
- Prosesor pembayaran meneruskan
informasi transaksi ke asosiasi yang menjelaskan kartu yang digunakan
adalah jenis Mastercard atau Visa
- Selanjutnya bank terkait akan
menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode
khusus (di sini akan terlihat apakah transaksi tersebut berhasil atau
gagal)
- Prosesor pembayaran akan
mengirimkan pesan itu ke payment gateway, kemudian akan diteruskan ke
website Anda serta pemegang kartu
Ada beberapa keuntungan yang bisa
Anda dapatkan dari penggunaan payment gateway dibandingkan dengan metode
lainnya, yakni :
- Lebih cepat dan mudah daripada
proses memeriksa pembayaran manual untuk kartu kredit
- Lebih aman daripada pengolahan
manual kartu kredit
- Pelanggan tidak perlu membuka
website Anda dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi
Berbagai Channel Pembayaran
Terdapat empat payment gateway
yang paling populer di Indonesia :
FinPay
Finpay adalah salah satu produk anak
perusahaan Telkom Indonesia yang merupakan platform pembayaran online. Menurut
Daily Social, FinPay atau Finnet Payment Gateway diluncurkan pada 30 Mei 2012
di Jakarta.
Hingga saat ini, FinPay sudah
bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia serta sistem online payment gateway
yang berhubungan dengan kartu kredit seperti VISA dan MasterCard. Karena
merupakan bagian dari Telkom Indonesia, pembayaran melalui ATM dan internet
banking akan muncul dalam tagihan telepon pelanggan Telkom.
Di samping telah bekerja sama dengan
bank besar serta payment gateway kartu kredit, FinPay juga telah berkolaborasi
dengan website e-commerce besar seperti LivingSocial, Plasa.com, AppsFoundry
dan beberapa anak perusahaan Telkom Group, Telkomsel dan TelkomVision.
IPaymu
Ipaymu adalah metode pembayaran
online yang berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk bertransaksi menggunakan
layanan Internet. Dengan Ipaymu, Anda dapat melakukan pembayaran untuk produk,
belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan
uang.
IPaymu memiliki alat yang
diintegrasikan ke dalam lingkup e-commerce yang Anda butuhkan sebagai alat
pembayaran online, kartu debit, kartu kredit, dan bahkan pengiriman serta
penarikan uang.
Ipaymu menyediakan produk yang
merupakan integrasi dari tiga bisnis terpisah menjadi satu perusahaan, yakni
solusi bisnis e-commerce, payment gateways, dan layanan merchant. Misi dari
iPaymu adalah untuk menyediakan solusi total bagi layanan merchant dan
pengolahan pembayaran online.
Veritrans
Sebagai langkah awal, integrasikan online
shop Anda dengan Veritrans untuk menerima berbagai channel pembayaran. Misalnya
seperti kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL
Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket.
Anda dapat berintegrasi ke Veritrans
melalui VT-Web, VT-Direct, dan VT-Link, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan
kebutuhan online shop Anda. Selain itu, VT-Direct juga memiliki fitur tambahan
untuk metode pembayaran dengan kartu kredit, yaitu:
- Pre-Authorization & Capture
- Cicilan/Installment
- BIN Promo
- One Click
- Two Clicks
- Transaksi Point
VT-Direct juga menawarkan beberapa
fitur untuk charge, antara lain:
- Set Custom Field
- Set Custom Expiration
Doku
Doku menyediakan jasa pemrosesan
pembayaran online melalui aplikasi online. Platform ini mengaktifkan kegiatan
e-commerce dari pedagang untuk menerima berbagai macam pilihan pembayaran
online. Doku sudah terhubung langsung dengan jarisngan prosesor pembayaran
besar untuk melayani klien mereka.
Selain itu, Doku juga meningkatkan
kinerja mereka dengan melengkapi fitur manajemen resikok untuk mengatasi
kemungkinan terjadinya kompleksitas dan risiko transaksi online. Sejak
tahun 2007, Doku memiliki penilaian bagus dalam kegiatan merancang,
mengintegrasikan dan mengoptimalkan sistem transaksi perdagangan untuk pedagang
lokal dan internasional dalam berbagai industri.
Saat ini Doku sudah bekerja sama
dengan lebih dari 800 platform bisnis di Indonesia termasuk Garuda Indonesia,
AirAsia, Guvera, Unicef, WWF, Java Jazz Production, RajaKarcis, Mulia Hotel,
dan Bank of South Pacific.
5. Apa Yang Dimaksud Dengan Merchant
Account ?
Sebuah Merchant Account memungkinkan
Anda untuk menerima pembayaran kartu melalui saluran yang berbeda, baik di toko
fisik atau melalui situs e-commerce. Jenis Merchant Account Anda harus
tergantung pada seperti apa Anda dalam menjalankan bisnis. Jika Anda beroperasi
secara online maka harus memiliki akun e-commerce.
Biaya yang dibebankan, serta
persiapan dan penjalanan Merchant Account bervariasi sesuai dengan bank yang
digunakan. Pada awalnya mungkin Anda akan kesulitan untuk mendapatkan Merchant
Account, namun jika website Anda sudah siap untuk melakukan pembayaran, maka
seharusnya Anda tidak akan menemukan banyak hambatan.
6. Penipuan Online
Dalam menjalankan bisnis, baik itu
secara online, offline atau keduanya, masalah keamanan harus menjadi perhatian
utama Anda. Setiap pebisnis harus menghadapi resiko penipuan yang berujung pada
penolakan pelanggan dalam menggunakan jasa atau membeli produk Anda. Pelanggan
akan pergi jika mengetahui proses pembayaran dalam website atau bisnis Anda
tidak aman.
Ada beragam tingkat perlindungan
penipuan yang bisa Anda pilih. Ukuran bisnis Anda akan mempengaruhi seberapa
besar tingkat perlindungan penipuan yang dibutuhkan. Banyak penyedia layanan
pembayaran yang menyediakan jasanya termasuk alat perlindungan penipuan yang
standar, namun banyak juga yang belum menyediakan alat tersebut.
Pada dasarnya, alat perlindungan
yang Anda miliki harus memiliki tiga alat pelacakan ini :
- Address Verification System
(AVS). Disinilah rincian tagihan pelanggan diperiksa terhadap alamat kartu
yang terdaftar
- Card Security Code (CV2).
Ketika pelanggan diminta untuk memasukkan tiga digit terakhir pada bagian
belakang kartu debit atau kredit
- 3D Secure. Password, dibuat
oleh pengguna yang juga dapat mengotorisasi pembayaran.
PCI DSS
Jika Anda akan menyediakan
pembayaran dengan menggunakan kartu secara online, maka Anda harus
memperhatikan Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS) atau
Standar Keamanan Data Kartu Pembayaran. Seluruh bisnis kecil ataupun besar
harus mematuhi hal ini untuk memastikan bahwa data pemegang kartu selalu
dienkripsi dan dilindungi.
Enkripsi adalah istilah umum yang
mengacu pada tindakan penyandian dat , dalam konteks ini sehingga data tersebut
dapat ditransmisikan secara aman melalui Internet. Seperti yang
diutarakan oleh Profesor Lawrence Lessig dari Stanford Law School, “Ini mungkin akan terdengar sangat
berlebihan tapi kurang lebih seperti ini: teknologi enkripsi adalah terobosan
teknologi yang paling penting selama seribu tahun terakhir.”
Karena PCI DSS bukan merupakan
persyaratan hukum, maka cara terbaik dalam mematuhinya adalah dengan menyesuaikan
pada level kepentingan sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda masih pemula maka
Anda tidak harus memenuhi PCI DSS tingkat tinggi. Hal ini akan terus berkembang
seiring bertumbuhnya bisnis Anda.
SSL
SSL, atau Secure Sockets Layer,
adalah jenis teknologi keamanan yang digunakan untuk membangun link yang
dienkripsi antara server dan klien, misalnya antara website dan browser. Data
yang biasanya dikirim antara browser dan server website adalah data teks biasa
yang tidak dilindungi dari penipu dan mudah diakses.
Teknologi SSL aman untuk mengirimkan informasi tersebut, termasuk nomor kartu kredit dan debit, login dan pasword, atau bahkan nomor jaminan sosial.
Teknologi SSL aman untuk mengirimkan informasi tersebut, termasuk nomor kartu kredit dan debit, login dan pasword, atau bahkan nomor jaminan sosial.
Fitur yang bisa Anda temukan pada
SSL (tergantung biaya) :
- Jaminan
- Enkripsi bit
- Kompatibilitas browser
- Scanning malware
- Segel verifikasi
- Dukungan IDN
Transaksi Pada Toko Online
Toko online
atau perdagangan elektronik, adalah kegiatan jual beli barang dan jasa atau
transimisi dana atau data melalui jaringan elektronik, terutama internet.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan software membuat kegiatan
jual beli tradisional menjadi mungkin untuk dilakukan secara elektronik.
Berikut
beberapa contoh dari praktek toko online :
- Menerima pembayaran kartu kredit untuk transaksi
penjualan online
- Menghasilkan
pendapatan dari iklan online
- Pertukaran
saham melalui broker online
- Penyaluran
informasi kepada perusahaan melalui intranet
- Penyaluran
manufaktur dan distribusi dengan partner melalui ekstranet
- Melakukan
penjualan produk digital melalui website
Praktek toko
online dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi, seperti email, katalog
online dan shopping cart, EDI, File Transfer Protocol, dan layanan web.
Berikut
beberapa contoh website ecommerce atau toko online :
Payment Gateway
Dalam
menjalankan bisnis dengan menggunakan internet alias toko online, Anda harus
memperhatikan cara-cara yang digunakan dalam transaksi pembayaran atau payment
gateway. Ada banyak sekali sistem pembayaran dengan fitur dan fungsi yang
berbeda. Beberapa pilihan yang populer saat ini adalah PayPal, Stripe,
Authorize.net, Intuit dan Worldpay.
Pada
dasarnya, payment gateway adalah layanan aplikasi toko online yang
mengotorisasi kartu kredit dan debit dalam pembayaran pada bisnis online.
Payment gateway adalah saluran yang aman antara toko online Anda dengan
merchant bank Anda. Gerbang pembayaran ini akan melindungi rincian kartu kredit
dan debit konsumen dan memastikan keamanan informasi tersebut.
Ini cara
kerja payment gateway :
- Konsumen website toko online Anda memutuskan
untuk melakukan transaksi dengan membeli suatu produk atau jasa
- Informasi
mengenai transaksi disampaikan pada koneksi sumber payment gateway
- Payment
gateway meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda
- Prosesor
pembayaran terkait meneruskan informasi transaksi ke asosiasi yang
menjelaskan kartu yang digunakan adalah jenis Mastercard atau Visa
- Selanjutnya
bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke
prosesor dengan kode khusus, disana akan terlihat apakah transaksi
tersebut berhasil atau gagal
- Prosesor
pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway, kemudian akan
diteruskan ke website Anda serta pemegang kartu
Berbagai
payment gateway :
Finpay
Finpay adalah salah satu platform pembayaran online yang bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia. Finpay juga berhubungan dengan kartu kredit seperti VISA dan MasterCard. Karena merupakan bagian dari Telkom Indonesia, pembayaran melalui ATM dan internet banking akan muncul dalam tagihan telepon konsumen Telkom.
Finpay adalah salah satu platform pembayaran online yang bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia. Finpay juga berhubungan dengan kartu kredit seperti VISA dan MasterCard. Karena merupakan bagian dari Telkom Indonesia, pembayaran melalui ATM dan internet banking akan muncul dalam tagihan telepon konsumen Telkom.
IPaymu
Dengan Ipaymu, Anda dapat melakukan pembayaran untuk belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan uang.
Dengan Ipaymu, Anda dapat melakukan pembayaran untuk belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan uang.
Veritrans
Cobalah integrasikan toko online Anda dengan layanan Veritrans untuk menerima berbagai channel pembayaran. Misalnya seperti kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket.
Cobalah integrasikan toko online Anda dengan layanan Veritrans untuk menerima berbagai channel pembayaran. Misalnya seperti kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket.
Doku
Doku menyediakan jasa pemrosesan pembayaran online melalui aplikasi online. Doku sudah terhubung langsung dengan jaringan prosesor pembayaran besar untuk melayani klien mereka.
Doku menyediakan jasa pemrosesan pembayaran online melalui aplikasi online. Doku sudah terhubung langsung dengan jaringan prosesor pembayaran besar untuk melayani klien mereka.
Mengelola Keuangan Toko Online Anda
Seperti
bisnis lain pada umumnya, toko online Anda juga memerlukan sistem keuangan agar
Anda bisa memantau kinerja toko online Anda. Untuk itu, Anda harus menggunakan
aplikasi keuangan.
Namun
sayangnya, data yang disajikan dashboard (sistem) toko online biasanya tidak
memiliki fitur selengkap aplikasi akuntansi. Dashboard toko online umumnya
hanya menyajikan data penjualan, konsumen dan persediaan barang online.
Sementara itu dashboard tidak mencatat data seperti hutang, persediaan barang,
ketersediaan kas dan aset lainnya.
Karenanya,
Anda masih perlu mengintegrasikan data dashboard tersebut ke dalam aplikasi
keuangan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda memiliki data offline yang sinkron
dengan data toko online Anda.
Idealnya,
aplikasi keuangan yang memenuhi standar seharusnya terintegrasi langsung dengan
dashboard toko online. Artinya, data yang Anda miliki bisa langsung mengalir ke
dalam aplikasi keuangan tersebut.
Tapi
sayangnya, masih jarang ditemukan dashboard toko online yang memiliki fitur
akuntasi selengkap yang dimiliki aplikasi akuntansi. Jika pun ada, tentu
harganya tidak murah.
Biasanya,
aplikasi seperti itu mengharuskan Anda untuk berlangganan dari waktu ke waktu
(misalnya bulanan). Sebagai pemula yang ingin memulai bisnis toko online, Anda
belum perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Selain itu, transaksi online
yang dilakukan pengunjung toko online Anda belum mencapai volume yang mengharuskan
Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut.
Lalu
bagaimana?
Anda masih
bisa menggunakan beberapa alternatif aplikasi keuangan offline yang tidak mahal
seperti Zahir, Gnucash, Grisbi dan Homebank.
Anda bisa
mendownload data dashboard toko online Anda secara rutin dan memasukkan data
tersebut ke dalam aplikasi keuangan. Hal ini bisa dilakukan baik dengan
mengimpor langsung ke dalam aplikasi atau melakukan posting transaksi satu per
satu, tergantung apakah aplikasi keuangan Anda memiliki fitur impor atau tidak.
Cara lain
adalah dengan menggunakan Microsoft Excel atau Open Office. Tersedia banyak
template Excel yang Anda bisa gunakan untuk mengelola data keuangan Anda.
Template tersebut mungkin perlu dimodifikasi untuk memudahkan Anda secara rutin
melakukan impor data yang Anda download dari dashboard toko online Anda.
Apapun alat
yang Anda gunakan, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dasar akuntansi sehingga
Anda bisa melakukan analisa kinerja toko online Anda. Tidaklah cukup jika Anda
hanya sekedar melihat kinerja penjualan online. Anda juga harus melihat
persediaan barang, hutang, ketersediaan kas, piutang, dan aset Anda.
Sumber :
- https://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/09/05/konsep-data-informasi/
- https://elgapraditya.wordpress.com/2016/10/06/konsep-dasar-internet/
- http://muffarida.blogspot.co.id/2017/03/etika-warga-digital.html
- http://www.unggulcenter.org/2017/09/19/cara-mencari-informasi-menggunakan-search-engine-google/
- https://alimasonline.wordpress.com/2017/03/29/mencari-informasi-dengan-search-engine/
- http://mrpujar.blogspot.com/2012/10/cara-mengirim-dokumen-melalui-email.html#ixzz5De3m8TWC
- https://support.microsoft.com/id-id/help/290936/how-to-send-a-word-document-as-an-email-message-directly-from-word
- http://berguruseo.blogspot.com/2015/01/cara-menyimpan-file-online-di-internet.html
- https://www.progresstech.co.id/blog/sistem-pembayaran-e-commerce/
- https://www.progresstech.co.id/blog/panduan-toko-online-9/
makasih sudah share
BalasHapusElemen solder uap
LuckyClub | Slots, Live Casino, Blackjack, Roulette, Video
BalasHapusLuckyClub is a leading online gaming and live casino website. Powered by Microgaming, you can enjoy luckyclub.live the games of the best online casino games.